Jakarta Maternity Studio 001

Panduan Sharing Photo Kamu di Internet

Kita semua suka berbagi foto secara online, dan biasanya tidak ada bedanya ketika Anda mempekerjakan seseorang untuk mengambil beberapa foto yang bagus untuk Anda. Orang-orang terutama suka berbagi potret keluarga dan foto pernikahan mereka, dan jika Anda mempekerjakan seseorang untuk foto kepala, Anda hampir pasti berencana untuk mempostingnya secara online di suatu tempat. Tergantung pada siapa yang Anda pekerjakan, ini bisa menjadi lengket.

Ketika seorang fotografer membuat gambar untuk Anda, menabung untuk pembelian langsung kekayaan intelektual, mereka mempertahankan kepemilikan gambar tersebut. Ketika mereka memberi Anda salinan gambar-gambar itu, baik dalam bentuk cetak atau digital, Anda melisensikannya untuk digunakan dengan cara tertentu. Dalam kebanyakan kasus, untuk penggunaan pribadi. Sama seperti membeli lagu di iTunes tidak memberi Anda otorisasi untuk memutar lagu itu melalui sistem suara untuk 5.000 orang, lisensi yang Anda dapatkan dari fotografer Anda tidak serta-merta memberikan Anda otorisasi untuk menampilkan gambar namun dan di mana pun Anda inginkan. Ini mungkin tampak aneh, tetapi jika Anda ingin fotografer yang sangat terampil dapat terus mengambil gambar yang luar biasa untuk Anda, Anda harus menghormati kendali fotografer atas kekayaan intelektual mereka.

Fotografer berbeda di mana Anda diizinkan untuk menampilkan gambar yang mereka buat. Hampir setiap keluarga atau fotografer acara yang memberi Anda file digital resolusi tinggi melakukannya untuk tujuan memasang gambar di rumah Anda . Posting gambar ke jejaring sosial Anda masuk ke area abu-abu. Beberapa fotografer tidak mengizinkan gambar untuk dibagikan secara online sama sekali, meskipun kebijakan seperti ini jarang terjadi. Lebih umum, fotografer Anda akan meminta Anda untuk menyertakan tanda air di mana saja gambar dibagikan secara online, atau beberapa mungkin mengizinkan Anda untuk mengirim gambar tanpa tanda air selama Anda menandai mereka.

Jika Anda menyewa seorang profesional sungguhan, setiap kesalahan penggunaan gambar akan menghasilkan permintaan sopan dari fotografer Anda untuk memperbaiki penggunaan. Namun, ada banyak orang yang meminta uang Anda yang kurang profesional, dan dalam hal ini Anda mungkin akan berhadapan dengan konflik yang tidak diinginkan. Atau, jika fotografernya adalah seorang semi-pro yang berteman dengan Anda, itu mungkin akan menimbulkan kecanggungan dalam persahabatan.

Jadi, bagaimana Anda mengatasinya? Ikuti saran ini, dan Anda tidak akan salah.

Pertama, Just Ask

Jika belum muncul di antara Anda dan fotografer Anda, dan Anda berpikir untuk berbagi gambar, berhentilah dan tanyakan bagaimana mereka ingin Anda melakukannya. Anda dapat menjernihkan banyak hal dengan hanya bertanya. Mereka mungkin memberi tahu Anda bahwa mereka tidak peduli dengan satu atau lain cara. Atau mereka mungkin meminta Anda untuk mengirim gambar dengan tanda air, atau mungkin memberi Anda halaman di media sosial untuk ditandai, atau tautan untuk disertakan. Jika Anda seorang fotografer telah memotret untuk sementara waktu, mereka mungkin akan memiliki jawaban yang akan menjelaskan apa yang harus dilakukan segera.

Baca kontrak Anda, baca lisensi Anda

Jika Anda menandatangani kontrak, itu harus mengatakan sesuatu tentang bagaimana dan di mana Anda dapat berbagi gambar. Anda mungkin masih harus langsung ke fotografer Anda dan bertanya, tetapi jika itu membuat Anda tidak nyaman, inilah jenis kontrak yang ada. Anda menandatanganinya, jadi bacalah.

Ikuti instruksi mereka, atau Ikuti contoh mereka

Jika Anda sudah membahas bagaimana fotografer Anda ingin Anda membagikan gambar, jangan menebak-nebak, lakukan saja. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang mengapa mereka ingin melakukannya seperti yang mereka lakukan, silakan bertanya. Tetapi perlu diingat, bahwa jika Anda telah menyewa seorang amatir atau semi-pro, mereka mungkin tidak tahu bagaimana mengomunikasikan jawaban untuk pertanyaan ini. Mereka mungkin hanya mencoba mengikuti saran seorang pelatih, dan ditanyakan mungkin menyentuh keberanian dan menciptakan ketidaknyamanan yang Anda coba hindari. Aturan praktis yang baik jika fotografer Anda tidak tahu harus mengatakan apa kepada Anda, atau tidak tahu bagaimana menjawab pertanyaan, adalah mengikuti contoh mereka di media sosial. Misalnya, jika mereka berbagi gambar dengan tanda air, maka bagikan dengan tanda air.

Selalu beri tag, jika platform mengizinkannya

Anda dapat mempertahankan hubungan yang positif dengan fotografer Anda, atau teman Anda yang seorang fotografer, dengan membuat titik untuk selalu memberi tag akun media sosial mereka ketika berbagi gambar yang telah mereka ambil untuk Anda, apakah mereka menyebutkannya atau tidak. Pengaruh sosial adalah bagian penting dari kehidupan sebagian besar fotografer dan mereka akan menghargai waktu yang Anda ambil untuk memberi mereka penghargaan atas kerja keras mereka. Satu-satunya pengecualian di sini adalah jika mereka secara khusus meminta Anda untuk tidak menandai mereka. Ini jarang terjadi, tetapi itu terjadi dalam situasi di mana seorang fotografer mungkin telah mengambil beberapa foto untuk Anda sehingga mereka tidak ingin orang lain memanggilnya. Sebagai contoh, seorang fotografer lanskap yang setuju untuk menembak pernikahan Anda sebagai bantuan mungkin tidak ingin dikenal sebagai "fotografer pernikahan".

Selalu beri mereka kredit

Kecuali jika Anda mendapat lisensi penggunaan bebas royalti, Anda harus selalu memberikan kredit kepada fotografer Anda ketika gambar dibagikan. Seperti sebelumnya, menandai halaman media sosial adalah masalah besar. Tetapi, jika mereka tidak memiliki halaman media sosial, atau tidak ingin Anda menandai halaman itu, atau tidak berbagi gambar secara online, masih pantas untuk memberi mereka nama kredit. Misalnya, jika Anda sedang mengerjakan brosur untuk perpustakaan umum, gambar yang digunakan dalam brosur itu harus memiliki garis di bawah gambar yang mengatakan sesuatu seperti "Foto oleh-dan-Jadi 2017". Jika Anda telah diberikan lisensi bebas royalti, maka Anda tidak berkewajiban untuk melakukan ini. Namun, jika Anda memiliki minat khusus dalam mempertahankan hubungan yang luar biasa dengan fotografer Anda, memberi mereka kredit terlepas dari lisensi dapat pergi jauh.

Apa kebijakan kami?

Di BEST FOTO STUDIO, kami sudah melakukannya sejak lama, dan kebijakan kami sederhana.

  1. Anda bebas menggunakan gambar yang kami buat untuk penggunaan pribadi sebanyak yang Anda suka. Jadi, cetak sebanyak yang Anda inginkan untuk rumah, kantor, kerabat, teman, dan keluarga Anda.
  2. Anda juga diizinkan berbagi di jejaring sosial apa pun yang Anda suka, asalkan Anda menggunakan file yang ditandai air tersebut. Atau,
  3. Jika Anda tidak ingin menggunakan tanda air, tidak masalah selama Anda menandai salah satu profil media sosial kami, atau memberikan tautan kembali ke situs web kami. Kami juga bertujuan untuk menjadi sefleksibel mungkin dalam keadaan khusus dan tidak biasa, jadi ketika Anda bekerja dengan salah satu anggota Petruzzo Photography, Anda harus selalu berbicara dan bertanya ketika Anda memiliki pertanyaan.

Jika Anda ingin berbicara dengan seseorang tentang pengaturan sesi potret , headshot , atau pernikahan mendatang , hubungi kami hari ini! Kami siap membantu!

Butuh Bantuan? Chat Saja