Skip to content

Apakah Vaksinasi Pranikah Penting?

Jawabannya Ya! Penting bangat, mengapa? karena vaksinasi pranikah adalah investasi masa depan kamu pada proses kehamilan, persalinan dan kesehatan ibu dan bayi nantinya. Para ahli medis menyebut ini istilah "Premarital Vaccination".
Ada beberapa vaksin yang direkomendasikan sebelum menikah, termasuk:

1. Toksoid tetanus

Mungkin banyak yang sudah mendengar vaksinasi ini. Imunisasi toksoid tetanus adalah proses pembentukan imunitas tetanus yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani, yang menembus melalui luka. Kuman ini menyebar dalam darah dan dapat menyebabkan kejang. Vaksinasi tetanus diberikan 5 kali seumur hidup (TT jangka panjang). Vaksinasi ini dapat dengan mudah diperoleh di layanan kesehatan seperti pusat kesehatan. Dan apa yang harus ditekankan, vaksinasi ini tidak hanya khusus untuk wanita, tetapi juga pria. Dan biaya vaksinasi ini tidak mahal. Tetapi tidak semua calon pengantin wanita akan menerima suntikan vaksinasi ini, ada kriteria tertentu untuk menentukan apakah suntikan belum direjected atau sudah selesai 5 kali. Dan harus ada penjelasan yang lebih dalam tentang hal itu, mungkin bisa dibahas di posting selanjutnya.
HPV

2. Human papillomavirus (HPV)

adalah virus yang menyebabkan kanker serviks atau kanker serviks dan kutil kelamin pada pria dan wanita. Virus HPV ditularkan melalui kontak seksual dan menginfeksi area anal dan alat kelamin pada pria dan wanita. Saat ini, 130 jenis HPV telah diidentifikasi, 12 di antaranya kemungkinan menyebabkan keganasan. Wanita berusia 20 hingga 24 tahun dan pria berusia 25 hingga 29 tahun adalah target utama HPV. Terutama mereka yang memiliki lebih dari satu pasangan seksual dan yang merokok. Vaksinasi HPV harus diberikan sebelum menikah tiga kali lebih banyak suntikan. Dan biaya yang dibutuhkan cenderung lebih mahal. Imunisasi ini dapat diperoleh di rumah sakit, DSOG (ginekolog) atau di klinik khusus untuk vaksinasi.

3. Hepatitis B

Penyakit ini ditularkan oleh cairan tubuh yang terkontaminasi. Penyebab penyakit kuning bahkan sirosis dan kanker hati. Hepatitis B ditularkan melalui transfusi darah, hubungan seksual dan penggunaan barang-barang pribadi bersama. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan menyerang hati. Vaksin hepatitis B diberikan tiga kali pada jarak satu hingga enam bulan. Dua dosis pertama membentuk antibodi dan yang ketiga untuk meningkatkan kadar antibodi.
MMR (Mumps-Mumps-Rubella)

Gondong atau gondong dapat menyebabkan infertilitas atau ketidaksuburan. Meskipun rubela pada wanita hamil berdampak negatif pada janin yang dikandungnya. Bayi dapat mengalami katarak selama hidup mereka. Vaksinasi ini dapat diberikan 1x sebelum pernikahan.
Virus Varicella zoster

4. Virus Cacar Air

dapat menyebabkan cacar air atau herpes. Jika penyakit tersebut menyerang wanita hamil pada trimester ketiga, bayi juga akan terkena cacar air. Vaksin ini diberikan satu kali sebelum menikah dan harus diberikan kesehatan yang baik.
Jadwal injeksi yang ideal:

7 bulan sebelum menikah: HPV (I), Hepatitis B (I)
6 bulan sebelum menikah: HPV (II), Hepatitis B (II)
4 bulan sebelum pernikahan: MMR, Varicella
1 bulan sebelum menikah: HPV (III), hepatitis (III)

Tindakan preventif atau pencegahan memang harus dan selalu dilakukan. Tapi jika tindakan itu sudah dilakukan dan masih terjangkit maka itu sudah diluar kuasa manusia. Semoga dedek bayi nanti sehat selalu dan ibu nya pun cepat pulih sehat kembali.

Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!